Digital Marketing
Pasti Anda sudah tidak
asing lagi mendengar istilah “digital marketing”,
bukan? Namun sebenarnya apa yang dimaksud dengan digital marketing?
Digital marketing merupakan istilah umum untuk segala
kegiatan marketing online yang Anda lakukan. Bisnis channel digital yang berpengaruh seperti pencarian
google, sosial media, email, dan website para pebisnis terhubung dengan
pelanggan baru dan pelanggan prospektif mereka.
Kenyataannya, kebanyakan
orang menghabiskan dua kali waktu untuk online dibandingkan dengan 12 tahun
yang lalu. Dan dapat dikatakan, cara berbelanja dan membeli sesuatu telah berubah, artinya offline marketing tidak
lagi efektif seperti sebelumnya.
Marketing selalu tentang
berhubungan dengan pelanggan Anda di tempat yang tepat dan di waktu yang tepat.
Saat ini, hal itu berarti Anda harus menemui mereka dimana mereka banyak
menghabiskan waktu : on the internet. Yups, bisa dikatakan Anda melakukan penjualan dengan sistem
“jemput bola”.
Saat inbound marketer mungkin mengatakan bahwa inbound marketing dan digital marketing secara
virtual adalah hal yang sama, sebenarnya ada beberapa perbedaan kecil.
Jadi, apa sebenarnya digital marketing?
Dari website hingga branding assets online Anda, iklan digital, email
marketing, brosur online, dan lainya, ada spektrum yang besar dari taktik dan
aset yang berada dibawah naungan digital marketing. Dan digital marketersyang terbaik memiliki gambaran jelas
mengenai bagaimana setiap aset atau taktik dapat mendukung tujuan mereka.
Digital marketing saat ini
memang lebih banyak memanfaatkan internet yang di gunakan sebagai
media utama promosi produk yang di jual nya. Digital marketing adalah
salah satu media yang cukup penting. Dimana, digital marketing di gunakan untuk
mempromosikan suatu produk seseorang. Berbicara tentang digital, media
yang digunakan dalam di gital marketing adalah komputer, laptop, tablet
dan smartphone. Dengan menggunakan digital marketing, maka anda lebih mudah
untuk mempromosikan produk yang di jual.
Secara garis besar, Digital marketing dapat di gunakan untuk membangun sebuah kesadaran. Selain itu, digital marketing juga dapat di gunakan untuk mempromosikan merek atau produk. Dimana, produk tersebut dapat melalui berbagai jenis saluran digital yang sudah tersedia. Dengan begitu, digital marketing dapat menggunakan saluran-saluran yang tidak memanfaatkan internet. Sehingga, digital marketing ini dapat di gunakan untuk berbagai cara. Baik internet maupun bukan internet. Salah satu marketing yang tidak menggunakan media iinternet adalah sms. Sms dapat di gunakan untuk mempromosikan suatu barang. Sedangkan Komponen utama yang di miliki oleh digital marketing yaitu internet marketing dan saluran – saluran non-internet. Dalam hal ini Yang termasuk dalam internet marketing yaitu web, smartphone, email marketing, iklan banner online , sosial media, dan search engine marketing (termasuk SEO dan iklan pay per click). Tidak dapat di pungkiri bahwa digital marketing adalah media yang sangat di butuhkan.
Komentar
Posting Komentar